SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate


Minggu, 31 Oktober 2010

Kasus Indomie Seret Nama Indonesia

Rabu, 13/10/2010 15:09 WIB

Suhendra - detikFinance

Jakarta - Kasus Indomie di Taiwan benar-benar membuat khawatir pemerintah. Indomie bukan hanya membawa nama PT Indofood Sukses Makmur Tbk namun juga membawa nama Indonesia.

Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh menyampaikan kekhawatirannya jika kasus Indomie ini tidak ditangani dengan baik bisa berpeluang melebar ke negara lain atau bahkan kepada produk Indonesia lainnya di luar negeri.

"Ini bukan masalah Indomie saja tapi ini masalah Indonesia," kata Deddy di sela-sela acara Trade Expo Indonesia JIExpo, Jakarta, Rabu (13/10/2010).

Saat ini pihaknya tengah melakukan pemantauan secara intensif melalui seluruh atase perdagangan (Atdag) maupun kedutaan besar Indonesia di luar negeri. Para Atdag ini akan memantau sejauh mana reaksi pasar negara lain pasca kasus Indomie di Taiwan.

"Saya sudah bicara dengan atase-atase perdagangan dan dubes untuk terus memantau di wilayahnya masing-masing," katanya.

Deddy menuturkan dalam kasus Indomie di Taiwan sama sekali bukan soal perang dagang, namun lebih pada standar yang berbeda antara Indonesia dengan Taiwan. Ia menegaskan dari pihak Indofood untuk produk yang resmi mereka kirim ke Taiwan sudah memenuhi standar sesuai permintaan pasar Taiwan.

Seperti diketahui, media-media di Taiwan mengabarkan penarikan Indomie dari sejumlah supermarket. Indomie ditarik karena mengandung Methyl P-Hydroxybenzoate yang dilarang di Taiwan. Tidak hanya di Taiwan, dua jaringan supermarket terbesar di Hong Kong juga menyetop penjualan produk Indofood itu. Pemerintah Hong Kong pun akan melakukan tes uji produk Indomie.

Namun, berdasarkan rilis resmi Indofood CBP Sukses Makmur, selaku produsen Indomie menegaskan, produk mie instan yang diekspor ke Taiwan sudah memenuhi peraturan dari Departemen Kesehatan Biro Keamanan Makanan Taiwan. BPOM juga telah menyatakan Indomie tidak berbahaya.

"Sehubungan dengan pemberitaan di media massa Taiwan baru-baru ini, mengenai kandungan bahan pengawet  E218 (Methyl P-Hydroxybenzoate) dalam produk mi instan Indomie, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menjelaskan bahwa produk mi instan yang diekspor oleh Perseroan ke Taiwan telah sepenuhnya memenuhi peraturan dari Departemen Kesehatan Biro Keamanan Makanan Taiwan," jelas Taufik Wiraatmadja, Direktur ICBP dalam siaran persnya.

ICBP telah mengekspor produk mi instan ke berbagai negara di seluruh dunia selama lebih dari 20 tahun. Perseroan senantiasa berupaya memastikan bahwa produknya telah memenuhi peraturan dan ketentuan keselamatan makanan yang berlaku di berbagai negara dimana produk mi instannya dipasarkan.

(hen/ang)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Item Reviewed: Kasus Indomie Seret Nama Indonesia Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi